Fungsi dan Perbedaan Penempatan Partikel Penanda Topik (은/는)
dan Partikel Penanda Subjek (이/가) dalam Kalimat
Pemakaian Partikel (은/는) dan (이/가) adalah sama-sama diletakkan setelah Subjek, tapi yang membedakannya adalah kapan harus digunakan.
Contoh Sederhana :
Dalam Bahasa Korea, untuk membedakan Subjek dan Objek diperlukan Partikel Penanda.
1. 고냥이는 생선을 먹다 : kucing makan ikan
2. 고냥이가 생선을 먹다 : kucing (yang) makan ikan
Pengertian :
1. Fungsi Partikel (은/는) disini adalah sebagai Pembentuk Topik Kalimat juga sebagai Pembentuk Subjek. Berarti yang menjadi Topik pembicaraan dan Subjek dalam kalimat adalah Kucing.
2. Fungsi Partikel (이/가) disini adalah sebagai Pembentuk Subjek kalimat dan juga sebagai PENEGAS.
Jika kita membuat kalimat tanya dari contoh kalimat diatas "Siapa yang makan ikan?" , maka jawaban no.2 lebih menegaskan karena dapat berarti juga "(yang) makan ikan adalah kucing".
Contoh lainnya yang sering salah digunakan.
A: 무라야마 씨는 어느 분입니까? : Yang mana Tn. Murayama ?
B: 음, 저 사람은 무라야마 씨입니다.
yang benar → 음, 저 사람이 무라야마 씨입니다. : Nah, Orang itu adalah Tn. Murayama.
축구가 좋아하지만, 테니스가 안 좋아해요.
yang benar → 축구는 좋아하지만 테니스는 안 좋아해요. : Saya suka sepak bola, tapi saya tidak suka tenis.
은/는
|
이/가
|
강조 조사
Kata bantu penekanan
|
격조사
Kata bantu penentu subjek
|
화자의 기분을 나타낸다
Menyatakan perasaan pembicara
|
술어와의 논리적 관계를 나타낸다
Menyatakan hubungan predikat kata penalaran.
|
주제(토픽) 및 대조를 나타낸다
Menyatakan topik dan pembeda
|
주어를 나타낸다
Menyatakan subjek
|
술어의 선택
Pilihan predikat
|
주어의 선택
Pilihan subjek
|
술어로 의문사가 오면 ‘은/는’
Jika interogatif (kata tanya) sebagai predikat maka menggunakan '은/는'
|
주어로 의문사가 오면 ‘이/가’
Jika interogatif (kata tanya) sebagai subjek maka menggunakan ‘이/가’
|
크게 관계한다
Menghubungkan dengan besar
|
작게 관계한다
Menghubungkan secara kecil
|
격조사 ‘이/가’, ‘을/를’, ‘에’를 대신할 수
있다
Bisa digantukan dengan ‘을/를’, ‘에’
|
다른 조사를 대신할 수 없다
Tidak bisa digantikan dengan kata bantu lainnya
|
- Contoh (은/는)
1.
가: 어제 집에 누가 왔어요? : Siapa yang kemarin datang ke rumah?
나: 수지가 왔어요. : Suji yang datang
가: 수지가 누구예요? : Siapa Suji?
나: 수지는 같은 학교 친구예요. : Suji adalah teman satu sekolah (saya)
Penjelasan :
Percakapan diatas membuat subjek 'Suji' muncul (setelah ditanya), kemudian partikel
‘는’ digunakan saat kedua pembicara sudah mengetahui mengenai 'Suji'.
(meskipun yang bertanya tidak tahu siapa Suji, tapi dia sudah tahu bahwa yang datang adalah Suji)
2.
가: 운동 좋아해요? Apa anda suka olahraga?
나: 아니요. Tidak.
가: 그럼 음악은 좋아해요? Kalau begitu apa anda suka musik?
나: 네, 운동은 좋아하지 않지만 음악은 좋아해요. Iya, (mengenai) olahraga tidak suka, musik saya suka.
Penjelasan :
Penggunaan '은' menunjukkan pembanding (antara musik dan olahraga)
- Contoh (이/가)
1.
가: 영수가 어디에서 공부합니까? : Yongsu belajar dimana ?
나: 영수가 도서관에서 공부합니다. Yongsu belajar di perpustakaan.
2.
가: 동생이 작습니까? : Apa adik laki-laki (kamu) kecil ?
나: 네, 동생이 작습니다. Ya, adik laki-laki (saya) kecil.
RINGKASAN :
(A) 다나카 씨는 사과를 먹었습니다. (Tanaka Makan Apel)
(B) 다나카 씨가 사과를 먹었습니다. (Tanaka Makan Apel)
Penjelasan :
Pada (A) ‘다나카 씨 (Tanaka)’ sebagai topik, pembicara dan pendengar sudah tahu siapa Tanaka itu. Dan yang dipersoalkan adalah 'bagaimana' dia lakukan. Secara bahasa, bagian '사과(apel)' semakin kuat. Contoh Kalimat Tanya : Tanaka makan apa ?
Sementara itu (B), jika menggunakan '다나카 씨가 사과를 먹었습니다 (Tanaka makan apel)' dan '이/가' , secara bahasa yang dibahas adalah bagian 'Tanaka' sebagai persoalan.
Contoh Kalimat Tanya : Siapa 'yang' makan apel ?
Partikel seperti ‘은/는’ dan ‘이/가’ biasanya dilafalkan dengan penekanan.
Pada kalimat (A) '사과(apel)' lebih kuat, Pada kalimat (B) '다나카 씨 (Tanaka)' yang lebih ditekankan.
0 komentar:
Posting Komentar