Partikel : Penanda Topik ( 은/는)



Fungsi dari Partikel Penanda Topik (은/는)

adalah sebagai Kata Bantu yang muncul pada topik kalimat atau pembanding dan maksud dari suatu penekanan untuk memberitahukan kepada orang lain tentang apa yang kita bicarakan.
Partikel ini diletakkan setelah Kata Benda / Subjek.

Penggunaan :
Kata berakhiran Konsonan + ~은
Kata berakhiran Vocal + ~는

Contoh :
은 → 학생은 (Siswa), 서울은 (Seoul), 선생님은 (Guru), 한국은(Korea), 책은(Buku), 직업은(Pekerjaan)
는 → 저는 (Saya), 제주도는 (P.Jeju), 어머니는 (Ibu), 프랑스는 (Prancis), 식사는 (Makan), 취미는 (Hobi)

Topik dari suatu kalimat ditandai dengan Partikel (은/는) biasanya sama dengan Subjek dari kalimat tersebut, tapi tidak selalu.

Contoh :
저 : Saya
: Saya (yang jadi Topik pembicaraan adalah Saya).
학생이 에요 : Saya adalah seorang pelajar.

Penjelasan :
Kata ganti orang 저 (Saya) dalam contoh kalimat diatas menandakan Topik Kalimat juga sebagai Subjek.
(Saya : Subjek, Seorang Pelajar : Predikat)

Contoh :
내일 일해요 : Besok saya bekerja.

Penjelasan :
Disini yang menjadi Topik kalimat adalah 내일 (hari ini) sementara yang jadi Subjek adalah 저 (saya).
Karena yang bekerja bukan 'besok' tetapi 'saya'.


Contoh Partikel Penanda Topik sebagai Penegas
이거 사과 여요 : ini adalah apel
Untuk menegaskan Topik kalimat dapat menggunakan Partikel Penanda Topik (은/는).
이거 사과 여요 : ini adalah apel

Contoh Partikel Penanda Topik sebagai Pembanding
이거 커피 예요 : ini adalah kopi
이거 물이 엥요 : ini adalah air (itu kopi dan yang ini adalah air)
이거 어렌지 주스 예요 : ini adalah jus jeruk (dan kalau yang ini jus jeruk)
이거 뭐 예요 ? : yang ini apa ? (lalu kalau ini apa?)

Penjelasan :
Partikel (은/는) dalam contoh diatas bertindak sebagai pembanding dengan memberikan arti sebagai "yang ini adalah ... dan/tapi itu adalah ...". Jadi jika Partikel (은/는) digunakan dalam setiap kata maka akan menjadi tidak alami.


Dalam Bahasa Korea Partikel (은/는) secara umum adalah Partikel Penanda Topik (Topic Marker).
Biasanya digunakan untuk menegaskan Topik dan membedakan bagian lain dari kalimat.

Contoh :
Hari ini cuaca bagus.

  • 오늘 날씨 좋네요 : Hari ini cuaca bagus.
  • 오늘 날씨 좋네요 : (hari-hari belakangan ini tidak bagus, tapi) hari ini cuaca bagus.  Fokus : Hari ini
  • 오늘 날씨 좋네요 : (meskipun tidak semua hal pada hari ini bagus, setidaknya) hari ini cuaca bagus. Fokus : Cuaca
3 contoh kalimat diatas memiliki arti yang sama, namun dengan adanya penambahan Partikel Penanda Topik (은/는) mampu menunjukkan suasana yang berbeda pada setiap artinya.

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Membaca Artikel ini ya ^^

0 komentar:

Posting Komentar